Kesenian Jaranan Desa Sumberagung Pada Akhir tahun 2019

 

          Desa sumberagung mengadakan program kesenian jaranan untuk warga desanya. Yang diadakan pada tanggal 14 Desember  2019.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan kecamatan yaitu kasi PP beserta staff, pendamping desa, BPD hingga tokoh masyarakat.

Peserta pelatihan jaranan juga berasal dari warga sumberagung kurang lebih sebanyak 30 orang, kebanyakan anak-anak muda yang mempunyai bakat dan minat untuk mempelajari seni jaranan dan orang dewasa yang bertugas sebagai penabuh/ yogo gamelan.

Tujuan Pemerintah desa sumberagung mengadakan kegiatan latihan jaranan tersebut adalah untuk melestarikan budaya jawa ditengah gempuran seni modern. Instrumen musik jaranan sendiri terdiri dari seperangkat gamelan biasanya ditambah dengan drum, bass, atau orgen.

Kesenian jaranan juga lebih identik dengan tarian yang indah yang dikenal dengan nama kuda lumping,barongan serta ada juga warok, seni jaranan juga tak bisa lepas dari yang namanya kesurupan yang  terkadang malah diisi oleh unsur modern didalamnya misalnya memakan bola lampu dll, namun tetap saja tidak meninggalkan hakikat asliya. Kegiatan latihan tersebut akan secara rutin diadakan setiap minggunya. Dan terbuka untuk umum khususnya untuk warga sumberagung yang berkeinginan mempelajari kesenian jaranan.

Pelatihan selesai pada pukul 24.00.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?